MOLTING DAN PENANGANANNYA

Peternak seringkali bingung dalam mencari cara mengatasi rontok bulu pada Bebek. Padahal kondisi seperti ini memang sudah cukup wajar dialami semua unggas baik Burung maupun Ayam. Proses rontoknya bulu pada unggas ini disebut dengan  molting, hanya saja tidak semua keadaan rontok tersebut karena proses molting.






1. Mendiagnosis Dini
Seperti yang sudah pernah disampaikan, bahwa untuk menjadi seorang peternak harus berbekal beberapa hal. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Memiliki Jiwa Beternak
  • Kepedulian Tinggi
  • Penuh Cinta Kasih
  • Tlaten
  • Mampu Mendiagnosis
Peternak harus mampu mengenali tanda-tanda yang sedang dialami oleh Bebek. Salah satunya mampu untuk mendiagnosis kondisi Bebek yang sedang mengalami rontok bulu, apakah itu molting atau penyakit. Sehingga setelah anda mampu mendiagnosis kondisi Bebek bisa melakukan langkah seperti memeriksakan pada dokter hewan apabila semua itu terjadi karena penyakit.

2. Lingkungan Bersih
Ketika Bebek merontokkan bulunya, usahakan untuk memberikan tempat yang tenang dan bersih. Keadaan seperti itu membuat Bebek memerlukan situasi dan kondisi yang mendukung kenyamanan. Sesering mungkin usahakan selalu membersihkan kandang Bebek.

3. Pemberian Grower
Pemeliharaan yang di lalukan untuk Bebek pada masa rontok bulu berbeda dengan masa bertelur Bebek. Pemberian grower di sarankan sekali pada minggu ke 1-3. Tujuan pemberian ini agar  rontoknya bulu bisa serempak sehingga lebih cepat menciptakan bulu baru. Dengan catatan, grower diberikan dalam jumlah terbatas, tidak lebih dan tidak kurang.

4. Pemberian Kadar Protein
Setelah memberikan grower, anda perlu memberikan kadar protein. Pakan dengan kandungan kadar protein 12-13% mampu membantu proses pelepasan bulu burung dan memulihkan sesegera mungkin. Dalam sehari umumnya pakan dengan kandungan protein diberikan sebanyak 80 gram/ekor/hari. Lalu, pada minggu ke 4-7 anda bisa memberikan pakan layer dengan jumlah sedikit lebih banyak. Tujuan pemberian layer lebih banyak ini adalah untuk menunjang agar proses pertumbuhan bulu baru lebih cepat dan serempak serta diharapkan pula pada minggu ke-8 Bebek mulai bertelur kembali. Pemberian pakan ini dilakukan minimal 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Sebenarnya masa rontok bulu Bebek adalah masa dimana mereka istirahat karena alat reproduksi telah bertelur selama 8-10 bulan.

5. Tidak Merubah Pakan
Perubahan pakan adalah sesuatu yang sangat dibenci Bebek ketika bulu rontok. Pada dasarnya Bebek adalah hewan yang memang tidak menyukai suatu perubahan. Dengan sering adanya perubahan pada pakan membuat Bebek rentan mengalami stress. Akibatnya, ketika bulu telah rontok keadaan Bebek tidak kunjung pulih justru bisa lebih parah.

6. Tidak Sering Memindah Tempat
Sering berpindah tempat tidak akan membuat Bebek konsentrasi dalam hal apapun. Sehingga langkah untuk mengatasi bulu rontok pada Bebek adalah dengan memposisikan tempat yang tetap namun bersih seperti yang disebutkan di atas.  Perubahan tempat membuat bebek harus beradaptasi yang tidak mudah, dan hal itu sangat memprihatinkan pada kondisi Bebek yang sedang merontokkan bulu.

7. Kurangi Kadar Garam
Baik makanan, minuman atau kandang, usahakan telah berkurang dari kadar garam.  Kadar garam merupakan hal yang paling sensitif pada unggas seperti Bebek. Jika ada penambahan garam sebanyak 2-5% dalam komposisi pakan, bukan tidak mungkin lagi akan menyebabkan Bebek yang rontok bulu kurang sehat.

8. Fermentasi
Fermentasi disini adalah segala jenis pakan atau minum yang diberikan pada Bebek.  Usahakan anda tidak memberikan makanan atau minuman dengan proses fermentasi jika menginginkan kondisi Bebek bisa segera pulih. Karena pakan fermentasi terutama yang mengandung ragi bersifat panas sehingga Bebek memang lebih cepat dalam merontokkan bulu tetapi kondisi tubuhnya terasa panas dan tidak nyaman, sehingga akan sangat menyiksa.

9. Ciptakan Penghangat
Buatlah kandang Bebek senyaman mungkin dengan menambahkan lampu pijar dan menutup kandang dengan celah-celah yang sedikit ketika petang. Ketika bulu Bebek rontok membutuhkan tempat yang cukup hangat.

10. Biarkan Sendiri
Jangan terlalu sering menengok Bebek yang mengalami bulu rontok setelah melakukan 9 tahap diatas. Apabila semua itu telah dilakukan, anda bisa melihat Bebek di kandang ketika memberikan pakan dan minum. Berikan kesempatan Bebek untuk memulihkan dirinya dari kerontokan bulu.

Itulah cara mengatasi rontok bulu pada Bebek yang harus dipelajari dan diterapkan mulai dari sekarang, supaya kondisi Bebek akan tetap sehat dan tampil cantik dengan bulunya yang lebat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HERBISIDA ORGANIK

HAMA DAN PENGENDALI ALAMINYA